Cara Menghilangkan Iklan di HP Yang Sering Muncul

Pernahkah Anda melihat tayangan iklan secara tiba-tiba saat sedang membuka ponsel? Jika hal itu terjadi sekali atau dua kali tentu tidak akan jadi masalah. Namun, jika hal itu terjadi terus menerus tentu akan sangat mengganggu. Untuk itulah Anda perlu tahu cara menghilangkan iklan di HP.

Beberapa HP memiliki settingan default untuk mengenali aktivitas Anda di dalam smartphone, dan memiliki izin untuk menampilkan iklan kepada Anda, sehingga tayangan iklan tersebut bisa Anda lihat beberapa kali. Jika Anda ingin menghilangkannya, silakan ikuti cara pada pembahasannya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Iklan di HP Yang Sering Muncul

Kemajuan dunia digital seperti saat ini membuat banyak agensi periklanan menyasar berbagai platform untuk mempromosikan iklan mereka, termasuk saat menggunakan smartphone. Terkadang hal itu sangat mengganggu jika pola kemunculan yang diterapkan terlalu intens.

Melalui beberapa pengaturan, sebenarnya iklan-iklan tersebut bisa dihilangkan. Jika saat ini Anda mengalami hal tersebut, silakan ikuti beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya:

Menghilangkan Iklan di HP Google Chrome

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menghilangkan iklan saat browsing menggunakan Google Chrome. Akan ada banyak iklan muncul jika pengaturan Chrome Anda masih menggunakan pengaturan bawaan. Oleh karena itu, Anda bisa mengaktifkan Ad-blocker dengan cara:

  • Buka aplikasi Google Chrome di smartphone Anda.
  • Klik ikon titik tiga yang terletak di sudut kanan atas halaman.
  • Setelah itu, pilih Settings, kemudian carilah pengaturan Site Settings dan pilih Pop-up and redirects.
  • Setelahnya, klik toggle hingga tombol berwarna abu-abu atau nonaktif.

Jika Anda juga ingin menghilangkan iklan yang muncul sebagai pop-ups di situs-situs tertentu, maka ikuti langkah-langkah berikut:

  • Masih di menu Settings.
  • Pilih Ads, lalu matikan tombol toggle sehingga statusnya menjadi non-aktif.
  • Sekarang iklan berupa pop-ups yang tiba-tiba muncul sudah tidak ada lagi karena sudah dinonaktifkan.

Menggunakan Aplikasi AdBlock Browser

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama AdBlock untuk bisa menghilangkan iklan di HP. Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis di Google Play Store dan membuat pengalaman berselancar Anda terbebas dari iklan-iklan yang mengganggu.

Dengan menginstall aplikasi ini, Anda bisa berselancar dengan bebas tanpa perlu terganggu dengan iklan-iklan yang muncul. Anda juga tidak perlu melakukan banyak pengaturan karena AdBlock Browser sudah melakukan pengaturan secara otomatis.

Aplikasi ini sudah diunduh oleh 10 juta orang lebih di Play Store. Hal ini menunjukkan, bahwa aplikasi AdBlock Browser sudah dipercaya untuk mengatasi iklan yang mengganggu di HP Anda saat mengakses situs-situs tertentu di internet. Meski begitu, ukuran aplikasi ini cukup besar, yaitu 47 MB.

Menonaktifkan MSA

Jika HP Anda adalah Xiaomi, maka Anda bisa menghilangkan iklan yang sering muncul, baik di aplikasi tertentu atau saat membuka lockscreen dengan mematikan layanan MSA. MSA sendiri adalah MIUI System Ads yang berfungsi sebagai pengelolaan iklan di smartphone Xiaomi.

Untuk menonaktifkannya, silakan masuk ke Pengaturan, kemudian pilih Setelan Tambahan, lalu klik Otorisasi dan pencabutan dan pilih MSA. Dengan menonaktifkan MSA, iklan tidak akan lagi muncul di HP Xiaomi Anda. Cara ini biasanya cukup efektif dibanding menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi Dengan Matikan Layanan Iklan

Cara menghilangkan iklan di HP Xiaomi selanjutnya bisa Anda lakukan dengan mematikan layanan iklan di HP tersebut. Caranya cukup mudah, silakan masuk ke Pengaturan, pilih Setelan Tambahan, kemudian pilih Privasi, dan pilih Layanan Iklan.

Setelah berada di pengaturan layanan iklan, silakan nonaktifkan personalisasi rekomendasi iklan dengan cara gulir tombol toggle ke kiri. Dengan begitu, tidak ada lagi rekomendasi iklan yang akan ditampilkan berdasarkan kebiasaan atau aktivitas Anda di dalam HP.

Mengganti Lokasi

Untuk menghilangkan iklan selanjutnya juga bisa dilakukan dengan mengganti lokasi Anda berada. Jika sebelumnya lokasi yang Anda pilih adalah Indonesia, maka Anda tinggal merubahnya menjadi lokasi lain. Untuk melakukannya, silakan ikuti step by step berikut ini:

  • Silakan masuk ke menu Pengaturan.
  • Buka Setelan Tambahan.
  • Jika sudah berada di menu Setelan Tambahan, silakan pilih Lokasi.
  • Setelahnya, ubah lokasi ke Perancis atau Spanyol.
  • Jika sudah, silakan restart HP Xiaomi Anda dan lihatlah apakah masih sering terlihat iklan saat menggunakan HP Xiaomi tersebut.

Menghilangkan Iklan di Aplikasi File Manager

Jika diperhatikan, iklan juga sering muncul di aplikasi File Manager ketika Anda sedang mengaksesnya. Untuk itu, Anda harus melakukan pengaturan di aplikasi yang bersangkutan. Silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasinya:

  • Pertama, buka aplikasi File Manager yang ada di smartphone Anda.
  • Klik ikon Menu di sudut kiri bagian atas.
  • Setelah itu pilih Setelan, kemudian klik Tentang.
  • Selanjutnya, Anda bisa mematikan rekomendasi dengan menggulirkan tombol toggle ke kiri.

Menghilangkan Iklan di Mi Video

Masih membahas iklan di HP Xiaomi, kali ini iklan yang ada di aplikasi Mi Video. Biasanya akan ada iklan-iklan yang muncul di sisi atas aplikasi atau bisa juga berupa video, dll. Untuk menghilangkan iklan-iklan tersebut, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Buka aplikasi Mi Video di smartphone Xiaomi Anda.
  • Setelah itu, klik Profil atau Akun di bagian kanan bawah layar.
  • Jika sudah, Anda bisa memilih Setelan.
  • Matikan opsi Rekomendasi online dengan gulir toggle ke kiri.
  • Matikan juga opsi Personalisasi rekomendasi dengan menggulirkan toggle ke kiri.
  • Terakhir matikan Rekomendasi Firework dengan menggulirkan toggle ke kiri.

Menghilangkan Iklan di Unduhan/Download

Cara yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah dengan menonaktifkan iklan di aplikasi unduhan. Untuk melakukannya, silakan masuk ke aplikasi Download atau Unduhan yang biasanya ada di folder Mi Tools. Jika sudah, klik tombol titik tiga di sisi kanan atas layar.

Jika halaman menu sudah terbuka, silakan pilih Setelan. Di sana akan terlihat opsi Tampilkan konten rekomendasi. Silakan nonaktifkan opsi tersebut dengan menggulirkan tombol toggle ke kiri yang berarti tidak aktif. Sekarang, aplikasi Unduhan sudah tidak akan menampilkan iklan lagi kepada Anda.

Menghilangkan Iklan di Aplikasi Musik

Salah satu iklan yang juga cukup mengganggu adalah iklan di aplikasi Musik milik Xiaomi. Sering sekali iklan muncul di saat yang tidak tepat. Untuk menghilangkan iklan di aplikasi ini, silakan ikuti petunjuk berikut:

  • Buka aplikasi Mi Music di smartphone Xiaomi Anda.
  • Jika sudah berada di dalam aplikasi, silakan klik tombol Menu di sudut kiri atas, kemudian pilih Setelan.
  • Setelah itu, pilih Setelan Lanjutan.
  • Scroll ke bawah hingga Anda melihat opsi rekomendasi. Silakan klik opsi tersebut dan matikan statusnya dengan menggulirkan toggle ke kiri.

Adanya iklan saat menggunakan HP memang sangatlah mengganggu, apalagi jika kemunculannya tiba-tiba dan terlalu intens. Untuk itu, silakan cobalah untuk menerapkan cara menghilangkan iklan di HP seperti penjelasan di atas. Jika tak ada iklan, tentu menggunakan HP akan jauh lebih nyaman.

Leave a Comment